Ponniyin Selvan Film India Termahal Berikutnya Setelah Brahmastra Part One Shiva

Ponniyin Selvan Film India Termahal Berikutnya Setelah Brahmastra Part One Shiva

Film India mega budget karya Mani Ratnam berjudul Ponniyin Selvan adalah salah satu rilis film pan-India yang paling ditunggu saat ini. Film ini dibintangi oleh Vikram, Aishwarya Rai Bachchan, Jayam Ravi, Karthi, Trisha, Aishwarya Lekshmi, Sobhita Dhulipala, Prabhu, R. Sarathkumar, Vikram Prabhu, Jayaram, Prakash Raj, Rahman dan R. Parthiban. 

Trailer film tersebut diluncurkan awal bulan September ini dan berhasil mendapat tanggapan positif dari jutaan penonton. Hal ini membuktikan bahwa film kolosal ini akan menjadi salah satu film terbesar yang akan dihadirkan oleh sinema India. 

Ponniyin Selvan akan menjadi film India termahal berikutnya setelah Brahmastra Part One: Shiva. Dengan anggaran produksi Rs. 500 crore, rencananya film Ponniyin Selvan bagian pertama akan rilis pada tanggal 30 September 2022. 

Ada Aishwarya Rai Bachchan yang lama vakum dan akan kembali bermain film. Ia akan memerankan tokoh antagonis seperti yang dia perankan dalam film Khakee (2004). 

Namun, sebelum anda menontonnya, berikut ini beberapa detil yang harus anda ketahui tentang film Ponniyin Selvan.

Ponniyin Selvan Adaptasi Dari Novel

Ponniyin Selvan secara luas dianggap sebagai novel terbesar yang pernah ditulis dalam sastra Tamil. Ini pertama kali diterbitkan oleh Kalki Krishnamurti dalam sebuah majalah berbahasa Tamil yang terbit mingguan dari 29 Oktober 1950 hingga 16 Mei 1954. 

Pembaca majalah  mingguan tersebut sangat menyukai cerita Ponniyin Selvan. Meski terbit setiap minggu, majalah tersebut berhasil meningkatkan oplah penjualan majalahnya hingga 71.366 eksemplar. Angka ini sangat besar mengingat bahwa saat itu India baru merdeka.  

Karena kepopuleran cerita Ponniyin Selvan, akhirnya Ponniyin Selvan dicetak dalam bentuk novel dan terbit pada tahun 1955. Bahkan hingga hari ini, kepopuleran Ponniyin Selvan terus bergulir dari generasi ke generasi. Novel ini terus dikagumi dan mendapat pujian kritis pada plot yang terjalin kuat,  narasi yang hidup, kecerdasan dialog, dan cara perebutan kekuasaan dan intrik kekaisaran Chola digambarkannya.

Kalki menyatakan bahwa cerita tersebut adalah sebuah karya fiksi sejarah. Namun, meskipun fiksi, cerita Ponniyin Selvan ditulis berdasarkan peristiwa sejarah yang sebenarnya terjadi dengan karakter-karakter yang pernah hidup di masa itu seperti yang disebutkan dalam prasasti bersejarah. 

Latar belakang cerita terjadi antara tahun 900 M - 950 M, masa ketika terjadi pergantian raja di kerajaan Chola. Yaitu pada saat kerajaan diperintah oleh Raja Sundara Chola, atau dikenal sebagai Parantaka Chola II. 

Tokoh Penting Ponniyin Selvan

Dalam trailer awal diceritakan terjadi bintang jatuh terlihat di langit Chola. Menurut buku-buku ramalan, bintang jatuh melambangkan bahwa seseorang dalam keluarga kerajaan akan meninggal dunia. 


Raja Sundara Chola (diperankan oleh Prakash Raj) sedang sakit selama bertahun-tahun. Orang-orang disekitarnya meyakini bahwa Raja Sundara Chola yang akan meninggal. Jika itu terjadi, kemungkinan akan terjadi kekacauan politik. Karena setiap orang yang merasa berhak menggantikannya mulai memilih kandidat untuk menjadi raja berikutnya.

Anak-anak raja dengan Ratu Vanavan Mahadevi (diperankan oleh Vidya Subramanian) terdiri dari Aditya Karikalan akan diperankan oleh Vikram, putri Kundavai akan diperankan oleh Trisha, dan pangeran Arulmozhi Varman akan diperankan oleh Jayam Ravi.

Menurut novelnya, Aditya Karikalan yang akan naik takhta. Dia dikenal sebagai seorang pejuang. Akan tetapi Aditya memiliki reputasi buruk karena perilakunya yang tidak menentu. Sedangkan adiknya Arulmozhi Varman dikenal baik hati dan menjadi idola pilihan rakyat. 

Sejarah mencatat, Arulmozhi Varman adalah Rajaraja Chola 1, memimpin kerajaan Chola dari tahun 947 M - 1014 M dan berhasil membawa kerajaan Chola ke puncak masa keemasannya. Kekuasaanya bahkan hingga ke wilayah Kerajaan Sriwijaya di Nusantara.



Ada karakter lain yang bernama Vandiyathevan (diperankan oleh Karthi). Vandiyathevan adalah teman Aditya Karikalan, kekasih Kundavai.

Buku ini bercerita tentang Vandiyathevan yang diminta untuk melakukan perjalanan melintasi negeri oleh Aditya. Dalam trailer tersebut juga mengisyaratkan bahwa film pertama dari trilogi ini akan mengikuti perjalanan Vandiyathevan saat ia bertemu Kundavai dan mereka jatuh cinta. 

Kundavai meminta Vandiyahevan untuk bertemu Arulmozhi Varman di Sri Lanka.

Karakter Aishwarya Rai: Nandini

Jika karakter lain adalah karakter nyata berdasarkan sejarah, di Ponniyin Selvan ada karakter fiktif yang bernama Nandini. Nandini diperankan oleh Aishwarya Rai Bachchan. Menurut Kalki, Nandini adalah tokoh antagonis dari cerita tersebut. 


Nandini dikenal karena kecantikan dan kekuatannya. Dia menghabiskan banyak waktu dengan para bangsawan. Pangeran Aditya jatuh cinta pada Nandini. Tapi putri Kundavai membenci Nandini karena kecantikannya.

Nandini sangat membenci kerajaan Chola karena perlakuan dari orang-orang kerajaan Chola yang membencinya. Nandini akhirnya menikahi kanselir Parvatheswar, yang jauh lebih tua darinya. Semua itu demi untuk kekuasaan yang diincarnya. 

Nandini memutuskan untuk balas dendam pada keluarga kerajaan Chola atas perlakuannya dan kematian Raja Pandya Veerapandiyan yang dibunuh oleh Aditya dalam salah satu pertempuran.  Nandini bersekongkol dengan orang-orang Pandya untuk melawan Chola dan menghancurkan keluarga kerajaan. 

Arti Ponniyin Selvan

Banyak yang bertanya-tanya apa arti judul Ponniyin Selvan. Terjemahan per kata dari Ponniyin Selvan  adalah 'Putra Ponni' atau 'Kesayangan Ponni'. Dalam hal ini, Ponni adalah sungai Kaveri , yang juga disebut Ponni. Sungai ini mengalir di sepanjang Tamil Nadu. 

Banyak literatur yang berbicara tentang sebuah insiden yang terjadi di tepi sungai Kaveri. Arulmozhi Varman, yang kemudian menjadi Raja Raja Chola 1, kaisar terbesar dari dinasti tersebut, saat berusia 5 tahun pernah tenggelam di sungai Kaveri. Dia berhasil diselamatkan oleh seorang wanita yang diyakini sebagai penunggu sungai Kaveri. Maka sejak itu Arulmozhi Varman dikenal dengan nama Ponniyin Selvan, Putra Sungai Kaveri.


Ponniyin Selvan I akan rilis pada 30 September 2022 dalam bahasa Tamil, Hindi, Kannada, Telugu, dan Malayalam.

Setelah membaca artikel berjudul Ponniyin Selvan Film India Termahal Berikutnya Setelah Brahmastra Part One Shiva ini, apa pendapatmu? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India semuanya ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia di tautan ini..



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url